Pages

Labels

slide

14 Maret 2014

Inilah Kami, Sospolmania


Inilah Kami, Sospol_Mania

sumber gambar : https://twitter.com/sospolicious
Sore kemarin (13/3) Sekretariat BEM Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip, kedatangan para pengurus Departemen Sosial Politik BEM KM Undip 2014/2015. Kedatangan mereka ke sekretariat BEM FPIK, merupakan implementasi dari salah satu program Divisi Pager Sospolocious (sebutan untuk kementerian sospol BEM KM Undip). Tentu saja, yang menyambut kedatangannya pun anak-anak sospolmania (sebutan untuk departemen sospol BEM FPIK), plus Ketua BEM FPIK 2014/2015.
Kunjungan ke FPIK ini merupakan kunjungan ke lima dari program Sospol On The Road (SOTR)-nya Sospolocious, yang mengagendakan kunjungan ke setiap fakultas yang ada di Undip. Sebelum sampai di FPIK, sospolocious sudah berkunjung ke FKM, FSM, FK dan FH.

Tidak terlalu lama memang, hanya sekitar 1 setengah jam saja pertemuan itu. Namun dari yang sebentar itu banyak sekali hal-hal menarik yang dibahas. Kajian pun tidak hanya seputar program kerja, tapi juga tentang bagaimana kondisi mahasiswa undip, khususnya FPIK itu tersendiri.

Pertemuan saat itu sangat jauh dari “kondisi tegang”. Hampir dari setiap partisipan yang ada, baik itu dari pihak Sospolocious maupun Sospolmania ikut aktif berdiskusi. Hal ini mungkin tidak terlepas dari tingkah salah satu anak Sospolocious yang humoris-aktif.

Agenda diawali dengan perkenalan dari kedua belah pihak. Dari sinilah baru diketahui, bahwa menteri sosopolious tahun ini (mas Heri) tidak ikut rombongan sosopolicious karena sedang ada agenda konsolidasi bersama Presiden BEM KM Undip  2014 (mas Taufik) ke Unnes Semarang. Namun hal tersebut tetap tidak mengurangi nilai dari kunjungan kali ini.

Setelah sesi perkenalan selesai, sesi selanjutnya ialah pemaparan program kerja dan fokus kerja dari sospolmania terlebih dahulu. Mba Leha (Kadept sospolmania tahun ini), memaparkan program kerja setahun kedepan dan beberapa hal yang akan menjadi fokus sospolmania tahun ini. Dari pemaparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa proker besar dari sospol mania dan dua diantaranya ialah Political School dan LKMM Pra-Dasar (bersama departemen PSDM). Sementara itu, fokus sospolmania tahun ini ialah pengawalan Pemilu Legislatif dan Presiden 2014, Ketahanan energi dan danau undip.

Dalam sesi ini, pihak sospolocious seperti terkesan tertarik dengan konsep acara political school yang dicanangkan sospolmania. Political School tersendiri merupakan agenda bulanan sospolmania yang menjadi salah satu upaya pencerdasan politik di kampus FPIK. Pihak sospolocious sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena menurut salah satu perwakilannya, agenda tersebut merupakan agenda yang diharapkan keberlangsungannya di setiap departemen KP (Kebijakan Publik) di fakultas-fakultas lain juga.

Setelah pemaparan dari sospolmania beres, tinggal pihak sosopolocious yang memaparkan prokernya satu tahun kedepan dan fokus kerja tahun ini. Sebelumnya, sospolocious tersendiri terbagi dalam tiga divisi, yaitu Pengembangan dan Gerakan (Pager), Kajian Strategis (Kastrad) dan Aksi Propaganda dan Opini (Akspropin). Masing-masing divisi memiliki prokernya dan fokus kerja tersendiri.

Divisi pager merupakan divisi yang fokus pada penguatan hubungan antara sospol undip dan departemen sosopol setiap fakultas. Proker-prokernya pun tidak terlepas dari upaya penguatan hubungan tersebut, seperti proker yang sedang mereka jalankan (SOTR) dan Pengelolaan Sosial Media. Dengan kata lain divisi pager merupakan bagian “humas” nya sosopolocious.

Kemudian, untuk divisi akspropin hanya memiliki satu proker saja, yaitu aksi. Aksi disini bersifat tentative dan momentum. Hal ini disebabkan dinamisnya issu-issu di bidang sospol yang tidak bisa terprediksikan.

Terkahir, divisi kastrad merupakan divisi yang berfokus pada pencerdasan dalam bidang sospol itu tersendiri. Salah satu proker utamanya ialah FID (Foum Intelektual Diponegoro). FID merupakan agenda rutin yang dijalankan oleh divisi kastrad dalam upaya memberikan pencerahan di bidang politik dengan melakukan kajian bersama mahasiswa undip, khususnya pengurus departemen sospol setiap fakultas.

Dalam pertemuan kali ini juga, salah satu pembahasan yang urgen ialah pengawalan pelaksanaan pemilu legislative yang kurang dari satu bulan ini akan dilaksanakan. Pembahasan lebih diarahkan pada kesiapan pengawalan pemilu dan berbagai siasat dari kedua belah pihak, untuk meminimalisasi suara golput dari mahasiswa undip, khusunya FPIK.

Pihak sosopolocious sendiri menginformasikan bahwa nantinya akan ada stand yang didirikan oleh mereka sebagai pusat informasi pemilu bagi mahasiswa Undip. Selain itu, stand tersebut akan menampung surat A5 (surat perpindahan TPS) mahasiswa undip yang nantinya akan disebar ke TPS-TPS yang ada di sekitar kecamatan Tembalang. Pihak sospolocious juga menginformasikan bagi siapa saja yang belum mengurus surat A5, format surat sudah data di download di fanpage sospolocious, tinggal isi, dan meminta tanda tangan ke keluarahan asal.

Sementara itu, pihak sopolmania mengaku sudah menyiapkan berbagai macam siasat untuk meminimalisasi angka golput di FPIK, salah satunya dengan mengadakan seminar tentang pencerdasan pemilu pada akhir bulan ini. Pada kesempatan ini juga, pihak sospolmania menyatakan kesiapannya bekerjasama dengan pihak sospolocious dalam pengarahan pemilu bagi mahasiswa undip yang diamanatkan oleh KPU kepada BEM KM Undip.

Setelah sesi pemaparan proker dan fokus kerja serta tanya jawab berakhir, berakhir juga rangkaian acara temu sospolocious dan sospolmania ketika itu. Diakhir pertemuan, pihak sosopoocious sangat mengapresiasi proker-proker dan beberapa gebrakan dari sospolmania yang menurut mereka sangat mencerdaskan. Selain itu, mereka juga memberikan apresiasi atas partisipasi aktif sospolamania dalam setiap agenda sospolocious sebelumnya.

Setelah pembacaan do’a dan meneriakan jargon, pertemuan kala itu pun berakhir dengan sebuah hasil yang esensial. Selain terciptanya koneksi antara sospolocious dan sospolmania, kehangatan dari kedua belah pihak pun tercipta. Dan akhirnya, dengan segala kelebihan dan kekurangannya inilah sospolmania BEM FPIK 2014 bertajuk Sospolmania Pembawa Sosis (Sosial Issu).

Fawaz Muhammad Sidiqi/ Eksekutif Muda Departemen Sosial Politik BEM FPIK Undip 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar