Pages

Labels

slide

13 Desember 2012

Melatih Calon Pemimpin kota Tasikmalaya


Sabtu (1/12), Ikatan Pengurus OSIS kota Tasikmalaya (IPOSISTAS) SMP, kembali mengadakan kegiatan Latihan Pengembangan Kepemimpinan Siswa (LPKS), untuk pengurus OSIS SMP se-Kota Tasikmalaya, di kampus SMP Al muttaqin Tasikmalaya.  Latihan kepeimpinan ini merupakan salah satu program yang sengaja diadakan untuk melatih kepeimpinan para peserta didik tingkat SMP di Kota Tasikmalaya.
Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin IPOSISTAS SMP pada setiap tahunnya. Dan untuk tahun ini, dilaksanakan selama dua hari satu malam, dimulai pada hari sabtu (1/12) kemarin. Dalam kegiatan ini, peserta tidak hanya diberikan materi tentang kepemimpinan. Namun sesuai dengan namanya, LPKS ini bertujuan mengembangkan skill kepemimpinan yang sudah didapatkan di sekolahnya masing-masing, dengan tambahan materi public speaking, diskusi Keagamaan, praktik membuat dan mengajukan proposal dan sharing tentang kondisi pelajar di Tasikmalaya.
Selain menggunakan teknik tausiyah atau pemberian materi satu arah, pemberian materi pun dilaksanakan dengan metode diskusi, permainan edukatif, praktik secara langsung dan juga kegiatan yang melatih kedisiplinan.  “Selain untuk melatih kepemimpinan, LPKS ini memang sengaja diadakan untuk melatih kedisiplinan dan mempererat tali silaturrahim antarpengurus OSIS SMP se- Kota Tasikmalaya” ujar Arya, Ketua Umum IPOSISTAS SMP 2011/2012.

Untuk tahun ini, ada 10 sekolah yang mengirimkan utusannya dengan jumlah peserta 24 orang. Selain karena pemberitahuannya mendadak, beberapa sekolah hendak melaksanakan UAS pada hari senin (3/12), sehingga tidak bisa mengirimkan utusannya. “karena besok Senin ada UAS, jadi beberapa sekolah tidak bisa mengirimkan utusannya, selain itu penyebaran surat yang mendadak, membuat peserta yang sekarang datangpun diluar harapan kami” terang Arya.
Meskipun demikian, antusias peserta dalam mengikuti acara ini sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan peserta dalam setiap kegiatannya. Ketika dibuka sesi pertanyaan ataupun tanggapan, para peserta aktif mengutarakan pertanyaan, tanggapan ataupun pendapat. “saya sangat senang bisa berbagi ilmu dengan adik-adik saya yang aktif dalam pemberian materi, yang kelak mereka akan menjadi pemimpin di Tasikmalaya ini” ungkap salah seorang pemateri pada LKPS kali ini.
Pada akhir acara, diadakan pemilihan Ketua Umum IPOSISTAS SMP untuk periode 2012-2013, yang merupakan acara inti dari kegiatan LPKS ini. Dari sepuluh kandidat, yang diajukan panitia, terpilihlah Syahril Ramadhan dari SMPN 1 Tasikmalaya sebagai Ketua Umum IPOSISTAS SMP untuk masa jabatan 2012-2013.
Melihat antusias dan keaktifan peserta selama kegiatan, kota Tasikmalaya nampaknya tidak perlu khawatir lagi untuk mencari calon-calon pemimpin pada 20 sampai 30 tahun kedepan. Karena, meskipun usia mereka baru memasuki jenjang SMP, namun pemahan mereka tentang organisasi, masalah pendidikan di Kota Tasikmalaya, serta solusi yang mereka ajukan sudah sangat baik. “saya sangat senang bisa mengikuti LPKS ini, terimakasih kepada panitia yang telah mengundang saya yang dengan materinya sangat berharga sebagai bekal saya untuk menjadi pemimpin kelak ” ungkap salah seorang peserta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar